Menjelaskan Rancangan Kontrak Lalu Jenis Kontrak Dan Kewenangan Penetapan Uang Muka Yang Diberikan Oleh Ppk
Menjelaskan Rancangan Kontrak Lalu Jenis Kontrak Dan Kewenangan Penetapan Uang Muka Yang Diberikan Oleh Ppk

Pencantuman uang muka pada rancangan kontrak

Rancangan kontrak dan ketentuan uang muka erat kaitannya, karena berkaitan dengan uang muka dimana ketentuannya termuat dalam Pasal 29 ayat (3) Perpres 16/2018 jo. Perpres 12/2021 sebagai berikut :

Pemberian uang muka dicantumkan pada rancangan kontrak yang terdapat dalam Dokumen Pemilihan.

Apa sih guna uang muka, dalam Pasal 29 ayat (1) :

Uang muka dapat diberikan untuk persiapan pelaksanaan pekerjaan.

Persiapan pelaksanaan pekerjaan berkaitan dengan kemampuan keuangan, maka pemberiannya ini berpengaruh pada harga disisi proses pemilihan penyedia. Dengan demikian pengaruhnya bisa pada semakin minim beban pelaku usaha, karena dapat mereduksi biaya, salah satunya biaya permodalan dari lembaga keuangan. Disisi lain pelaku pengadaan PPK perlu memikirkan kemungkinan masuknya pelaku usaha yang spekulatif, tidak punya modal kerja namun nekat menawar.

Dengan demikian pemberian uang muka perlu diberikan atau tidaknya berdasarkan sounding pasar dan tingkat risiko, terkadang dalam situasi tertentu uang muka sebaiknya tidak perlu diberikan untuk mendapat pelaku usaha yang bonafit dan memang serius melaksanakan kontrak, disisi lain bisa diberikan untuk mendorong pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil untuk dapat mendukung keberhasilan kontrak.

Kedua skenario diatas terkait diberikan atau tidak, tetap perlu pengendalian kontrak yang kuat, semakin besar nilai kontraknya, maka rapat pengendalian kontrak harus semakin sering dilaksanakan.

Demikian.

 

Pelaksanaan
Sebelumnya Apa Kabar Pengadaan Penanganan Keadaan Darurat?
Selanjutnya Dokumentasi : Sosialisasi Peraturan PBJ & Pelatihan membuat HPS – Mudjisantosa Training and Consulting 28-29 Juni 2021 di Samarinda

Cek Juga

Pengumuman RUP mendahului tahun anggaran merupakan wujud penerapan collaborative forecasting

Pengadaan Pemerintah dalam kondisi tertentu memang tidak memungkinkan kerahasiaan rencana belanjanya, jadi secara perencanaan informasi ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: