TENTANG

Tentang Website ini

Website Optimalisasi Pengadaan Barang/Jasa demi Kemajuan Bangsa mengadopsi hakikat dari Bunga Rampai dimana Bunga Rampai atau potpourri merupakan campuran bunga dan tanaman yang telah dikeringkan yang ditempatkan dalam wadah hias yang menyebarkan wangi yang semerbak dan menyegarkan, selain terinspirasi dari pengalaman penulis selama belajar dari para fasilitator/narasumber/praktisi pengadaan barang/jasa pemerintah yang telah eksis terlebih dahulu, kami sebagai pribadi turut terinspirasi dari potpourri yang dengan campuran dan keragaman inilah penulis berusaha mentransformasi pemikiran keseharian dalam bentuk blog pribadi yang harapannya serupa dengan potpourri yang sebenarnya, yaitu terdiri dari beberapa jenis tanaman demikian juga tulisan dalam website ini kami kombinasikan dengan pengalaman dan bidang-bidang lain yang relevan dan kami pandang bermakna penting, maka dalam mengelola website ini kami berupaya menyajikan beberapa artikel yang tidak melulu berkutat pada pengdaan barang/jasa pemerintah semata, namun juga menampilkan beberapa materi lain yang bersifat umum dan memperluas insight dalam mencermati pengadaan barang/jasa pemerintah yang memang bersifat dinamis. Dalam perkembangan penulisan selain menulis secara distinctive berdasarkan materi yang ada, kami juga mencoba merelevansikan antara satu kategori dengan satu kategori lainnya sehingga seperti halnya bunga rampai/potpourri yang terdiri atas beberapa campuran, kami harapkan tulisan kami dapat memberikan manfaat yang berbeda.

Ilustrasi : Bunga Rampai / Potpourri

Optimalisasi Pengadaan Barang/Jasa dapat dilakukan dengan memahami dasar dari Peraturan Pengadaan Barang/Jasa beserta pengaturan dalam Peraturan Perundangan lainnya, mengingat Pengadaan Barang/Jasa hadir untuk menyajikan pemenuhan kebutuhan para stakeholders terkait khususnya masyarakat, maka Pengadaan barang/jasa menjadi sarana bagi tercapainya kesejahteraan bangsa, tidak semua hal di APBN/APBD merupakan Pengadaan Barang/Jasa, namun agar APBN/APBD tersebut dapat berdayaguna dan memberikan manfaat maka semuanya harus dilakukan dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Blog Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini memang membahas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta aspek-aspek yang melingkupi nya, namun seperti halnya bunga rampai/potpourri yang tidak hanya menyajikan satu jenis bunga saja, maka kami juga menyampaikan tulisan bertemakan umum lainnya yang terinspirasi dari Aspek Estetika Bunga Rampai/Potpourri. Aspek estetika yang mendasari penamaan bunga rampai/potpourri yang memberikan keragaman tentunya menggambarkan latar belakang penamaan website ini, semula kami lebih tertuju kepada “nasi campur” namun selain karena penulis dulu pernah menjadi pedagang potpourri kurang lebih satu dekade yang lalu, keindahan satu wadah terisi bunga rapai/potpourri menginspirasi kami menulis dengan campuran perspektif ilmu sehingga kami menulis dalam blog “Bunga Rampai Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Khazanah Umum”, selamat menikmati sajian kami.

 

Tentang Penulis

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kab. Kutai Barat sebelum menjadi ASN pernah membidangi pemasaran sebagai Marketing Director dan Trainer basic training disebuah perusahaan pemasaran multinasional di kota Surabaya, mengawali karir ASN sebagai staf Bidang Pendataan pada Dinas Pendapatan Daerah Kab. Kutai Barat pada tahun 2011  hingga bulan Desember tahun 2016 dan secara adhoc bertugas di ULP sebagai anggota Sekretariat yang efektif bertugas di Unit Kerja Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Kab. Kutai Barat sejak masih dikenal sebagai Unit Layanan Pengadaan (ULP) sejak tahun 2014 hingga kemudian menjadi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kab. Kutai Barat mulai Desember 2016 hingga sekarang.

Karir di bidang Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah dimulai sebagai anggota Sekretariat ULP pada tahun 2014, lulus Sertifikasi Tingkat Dasar Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 pada tahun 2014, mulai Tahun 2015 menjadi Kelompok Kerja ULP dan Pejabat Pengadaan pada beberapa Perangkat Daerah di Kab. Kutai Barat hingga sampai sekarang menjadi Kepala Sub-Bagian Perencanaan dan Pembinaan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kab. Kutai Barat dan efektif bertugas sebagai Pejabat Pembuat Komitmen sejak tahun 2019, selain itu turut aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mulai dari pembentukan Pemberi Keterangan Ahli, Kegiatan Ahli Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Pembentukan Probity Advisor untuk memberikan Probity Advice, dan saat ini (tahun 2020) tengah menjalani proses pembentukan Fasilitator Pengadaan Barang/Jasa sehingga masih berstatus Calon Fasilitator..

Pelatihan dan Kegiatan terkait Pengadaan Barang/Jasa yang pernah diikuti adalah Pelatihan Mitigasi Risiko PBJP oleh IAPI (2017), Bimbingan Teknis Strategi Penyusunan Dokumen Pengadaan dan Evaluasi Penawaran PBJP oleh IAPI (2017), Bimbingan Teknis Moderenisasi Pengadaan oleh IKNPI (2018), Pelatihan Okupasi Pejabat Pembuat Komitmen oleh  (2019), Workshop Ahli Kontrak LKPP (2019), Rekrutmen Probity Advisor LKPP (2019), Pelatihan Calon Fasilitator Tingkat Dasar Pengadaan Barang Jasa LKPP (2020), dan Pelatihan Okupasi Kelompok Kerja Pemilihan (2020). Selain mengikuti Pelatihan terkait Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah juga pernah mengikuti Workshop Teknologi Informasi Peralihan Pajak Bumi dan Bangunan P2 dan BPHTB yang diselenggarakan Kementerian Keuangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur.

Pengalaman di bidang Pendidikan Tinggi meliputi Dosen pada Politeknik Negeri Samarinda pada jurusan Nautika, Dosen Politeknik Sendawar, dan Tutor untuk Tutorial Kelas Pembelajaran Jarak Jauh Universitas Terbuka. Latar Belakang Pendidikan Tinggi bertolak dari Sarjana Teknik pada Universitas Surabaya dan Magister Manajemen pada Universitas Surabaya, saat ini tengah mengambil program Sarjana Ilmu Hukum melalui pendidikan jarak jauh Universitas Terbuka.  Sebelumnya menulis blog menggunakan platform Blogger dan sejak April 2020 mulai aktif menulis menggunakan domain pribadi.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: