Dokumen Penawaran Fisik
Dokumen Penawaran Fisik

Tender Online

Dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, terdapat metode pemilihan Penyedia. Nah, istilah Tender disebutkan dalam Pasal 1 angka 36 : tender adalah metode pemilihan untuk mendapatkan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya. Berkaitan dengan tender, selain yang diadakan di dalam negeri, juga diatur dalam Pasal 1 angka 38 : Tender/Seleksi Internasional adalah pemilihan Penyedia Barang/Jasa dengan peserta pemilihan dapat berasal dari pelaku usaha nasional dan pelaku usaha asing.

Karena berkaitan dengan Pasal 1 angka 36 disebutkan untuk mendapatkan penyedia :

  • Barang;
  • Pekerjaan Konstruksi;
  • Jasa Lainnya;

Maka tender dan tender cepat ditegaskan dalam Pasal 38 ayat (1) yang bunyinya :

Metode pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya terdiri atas:

  • a. E-purchasing;
  • b. Pengadaan Langsung;
  • c. Penunjukan Langsung;
  • d. Tender Cepat; dan
  • e. Tender.

Sebagai salah satu Metode Pemilihan Penyedia dalam Perpres 16/2018 juga diatur tentang Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik, sebagaimana disebutkan dalam Pasal 69 :

  • 1)Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa dilakukan secara elektronik menggunakan sistem informasi yang terdiri atas Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dan sistem pendukung.
  • (2)LKPP mengembangkan SPSE dan sistem pendukung.

Dengan pengaturan diatas, lebih lanjut diatur dalam Pasal 70 :

  • (1)Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik dengan memanfaatkan E-marketplace.
  • (2)E-marketplace Pengadaan Barang/Jasa menyediakan infrastruktur teknis dan layanan dukungan transaksi bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan Penyedia berupa:
    • a.Katalog Elektronik;
    • b.Toko Daring;dan
    • c.Pemilihan Penyedia.

Jadi, tidak ada lagi tender tidak elektronik, alias semua tender online, relasi dan hubungannya dapat kita petakan dengan bagan sebagai berikut :

Tender Cepat/Tender –Pasal 38 ayat (1)–>Metode Pemilihan Penyedia –Pasal 69 ayat (1)–>PBJ dilakukan secara elektronik –Pasal 69 ayat (2)–>SPSE–Pasal 70 ayat(1)–>dilaksanakan secara elektronik–(E-Marketplace)–>Infrastruktur Teknis–Pasal 70 ayat (2)–>salah satu bagian dari E-Marketplace adalah Pemilihan Penyedia–Pasal 38 ayat (1)–>Tender Cepat/Tender

Dengan demikian tidak ada lagi Tender Non-Online/Tender Non-Elektronik, semua di era Perpres 16/2018 sudah seharusnya menggunakan Tender Online secara Elektronik sebagai salah satu metode pemilihan Penyedia Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya. Hal ini memberikan efisiensi khususnya bagi pelaku usaha yang menjadi peserta tender cepat/tender sehingga dalam proses pemilihan penyedia tidak lagi menggunakan dokumen fisik dalam bentuk tercetak untuk membaca Dokumen Pemilihan yang mengatur soal tata cara Pemilihan Penyedia, tinggal mendaftar dan mengunduh, lalu memasukkan penawaran tidak perlu datang ke tempat tender cepat/tender dilaksanakan, dokumen penawaran pun tidak lagi disampaikan dalam proses menawar secara fisik.

Memang ketika dalam berkontrak dokumen tersebut masih dibutuhkan dalam bentuk tertulis, hal ini karena adanya rezim hukum berbeda lainnya di Pemerintahan khususnya administrasi, perbendaharaan, dan keuangan, tapi itu bukan lagi saat proses pemilihan penyedia, dalam proses pemilihan pun dokumen fisik tercetak tersebut masih diperlukan juga dalam hal tertentu tapi pada prinsipnya, proses pemilihan penyedia menjadi semakin efisien.

Demikian disampaikan, tetap semangat, tetap sehat, tetap berintegritas, dan salam pengadaan!

Pemilihan Penyedia
Sebelumnya Contoh Value For Money
Selanjutnya Ngerumpi PeBeJe #13 Video Kupas Pengadaan Jasa Kebersihan dan hal lain-lainnya terkait Pengadaan antar advisor LKPP rekrutmen angkatan 2019 (Bpk. Tomy Darlinanto, SH, M.Hum) dan UKPBJ Kab. Gunungkidul

Cek Juga

pembinaan pelaku usaha pbjp

Apakah tidak ada Peraturan tentang Sanksi Daftar Hitam pada Era Perpres 12/2021?

Jawabannya TIDAK Dalam Perpres PBJP kita tidak menghapuskan tentang Daftar Hitam. Hanya saja persepsinya Daftar ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: