Konsolidasi Pengadaan
Konsolidasi Pengadaan Antar Pengguna Anggaran

Konsolidasi Pengadaan Paket antar Pengguna Anggaran

Pendahuluan

Pasal 1 angka 51 Perpres 16/2018 berbunyi : Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa adalah strategi Pengadaan Barang/Jasa yang menggabungkan beberapa paket Pengadaan Barang/Jasa sejenis.

Pembahasan

Pasal 21 Perpres 16/2018 berbunyi :

  • ayat (1) : Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa dilakukan pada tahap perencanaan pengadaan, persiapan Pengadaan Barang/Jasa melalui Penyedia, dan/atau persiapan pemilihan Penyedia
  • ayat (2) :Konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa dilaksanakan oleh PA/KPA/PPK dan/atau UKPBJ.

Sebagai sebuah Strategi maka Konsolidasi menjadi sebuah metode untuk memangkas “cost” dari Pengadaan dengan meningkatkan volume paket. Pada Kementerian/Lembaga PA berada pada Menteri/Kepala Lembaga, dengan demikian Konsolidasi dapat dilakukan antar sesama PA Menteri/Lembaga dan/atau Konsolidasi antar paket KPA dibawah Menteri/Lembaga tersebut.

Konsolidasi Pada Pemerintah Daerah

Setiap Kementerian/Lembaga biasanya beroperasi secara sektoral dan khusus sesuai core competency miliknya, sehingga konsolidasi antar PA dalam hal tingkatan Kementerian/Lembaga jarang terjadi untuk dilakukan. Namun pada Pemerintah Daerah dapat terjadi konsolidasi yang lebih besar kemungkinannya antar PA yang terdiri atas Kepala Dinas/Kepala Badan.

Misal dalam hal dilakukan Pengadaan Jasa Kebersihan untuk beberapa Perangkat Daerah yang dikonsolidasikan dengan berbagai Anggaran Badan/Dinas, maka konsolidasi dari paket pekerjaan sejenis yang bersumber dari anggaran beberapa PA ini masih dapat dilakukan konsolidasi walau kedudukannya sejajar dengan memanfaatkan peran Sekretaris Daerah/Asisten Sekretaris Daerah yang memimpin dua atau lebih Perangkat Daerah tersebut.

Sehingga sesuai dengan Pasal 21 Ayat (2) Perpres 16/2018 maka sesama PA dapat melakukan pelaksanaan konsolidasi untuk kolaborasi paket pengadaan yang semakin memberikan advantage atas volume paket tersebut.

Demikian yang dapat disampaikan, tetap semangat, tetap sehat, dan salam pengadaan!

Materi lainnya terkait konsolidasi :

 

Konsolidasi
Sebelumnya Ujian Sertifikat Pengadaan Tingkat Dasar Pengadaan Barang/Jasa apakah memang mustahil lulus?
Selanjutnya Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, Jabatan Strategis dengan sedikit romansa pengulangan “sejarah”

Cek Juga

Bela Pengadaan

PPMSE dan Bagaimana UMK Berjualan di Bela Pengadaan

Pengantar Pasal 1 PP 80/2019 menjelaskan bahwa PPMSE adalah pelaku usaha penyedia sarana komunikasi elektronik ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: