0ba1926c 71ee 475b 998e Eaa942095247
0ba1926c 71ee 475b 998e Eaa942095247

Ujian Sertifikat Pengadaan Tingkat Dasar Pengadaan Barang/Jasa apakah memang mustahil lulus?

SertPengantar

Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam kepemilikannya diuji dengan ujian berbasis komputer dengan penyelenggara LPP terakreditasi oleh PPSDM LKPP, peserta ujian sudah memiliki akun LKPP Connect dan di desain untuk mengerjakan soal yang bersumber dari Bank Soal yang dengan algoritma tertentu tidak sama antara satu peserta dengan peserta lainnya.

Tingkat Kesulitan

Apakah kelulusan sertifikasi tingkat dasar itu sulit?
Jawabannya tentu relatif, namanya ujian tentunya bervariasi bagi tiap orang bergantung persiapannya, yang bisa dipastikan adalah kelulusan bergantung ambang batas minimal 167 dari 255 skor yang dapat dicapai.

Bank Soal dari pangkalan data Ujian tentunya berkembang terus, dengan demikian hanya pola soal yang dapat ditebak, cara melakukan deduksi pemecahan soal yang perlu diasah, tapi bukan berarti mustahil lulus.

Untuk soal tingkat dasar karena saya lulus di era Perpres 54/2010 dan tidak dilaksanakan dengan CAT maka saya tidak tahu persis berapa skor saya dulu, apalagi masa berlaku sertifikat berlaku seumur hidup sehingga saya tidak pernah tahu skor saya yang lama.

Tes Terbaru

Saya mengikuti tes tingkat dasar dalam rangka ujian menjadi fasilitator, soal yang disajikan menurut saya berbeda dari soal latihan yang diberikan, pengalaman staf saya yang baru ikut sertifikasi tingkat dasar lalu ikut ujian fasilitator ini juga disampaikan kesulitannya tidak sama, tapi karena saya ngikut nya di era Perpres 54/2010, ketika saya ikut lagi untuk seleksi calon fasilitator, menurut saya tetap sama susahnya.

Perbedaan antara seleksi calon fasilitator dengan kelulusan tingkat dasar biasa adalah di passing grade minimal 230 dari nilai maksimal 255, kesulitannya hanya boleh gagal dengan deviasi 25 poin, atau setara dengan 13 soal Benar / Salah (skor 2), 9 soal pilihan ganda biasa (skor 3), atau 7 soal pilihan ganda kasus (skor 4), sehingga kemungkinan salah anda harus diantara 7,78% hingga 14.4%.

Fb11b924 23d6 489c Ada5 A4f479b0300c
Kenangan Seleksi Calon Fasilitator

 

Tapi kesulitan saya diatas hanya untuk menjadi fasilitator, ingat untuk “sekedar” lulus saja hanya perlu 167 skornya, sangat aneh ketika banyak yang ditugaskan untuk berulang kali mengikuti ujian ini namun tidak kunjung lulus, menurut saya penyebabnya ada dua yaitu

  1. terlalu menggampangkan hingga kurang persiapan
  2. sengaja tidak meluluskan diri

Ujian Sertifikasi Tk Dasar

Perpres 16/2018 hanya mengatur hal normatif, saat ini ujian tingkat dasar hanya menguji hal yang tertuang dalam Perpres saja, dengan demikian ujiannya hanya berkutat pada normatif saja, beda lho dengan era Perpres 54/2010 yang sampai diujikan cara melakukan evaluasi dokumen seleksi pada proses Seleksi secara Elektronik.

ujiannya pun juga dilaksanakan dengan diizinkannya membawa buku perpres versi cetak, seharusnya untuk sekedar lulus saja benar-benar tidak sulit, skor 167 dari 255 itu kalau anda salah di soal benar/salah saja anda masih dimungkinkan salah sebanyak 44 soal.

Kesimpulan

Kesulitan dalam mengikuti ujian tingkat dasar ahli pengadaan dalam hal sekedar untuk lulus saja menurut saya lebih dikarenakan kedua hal yang saya sampaikan diatas berdasar tingginya rate kelulusan, saya pernah menugaskan pegawai honorer untuk mengikuti dan lulus semua, ada yang bahkan mencapai tingkat sebagai calon fasilitator.
Dengan mempersiapkan diri yang baik untuk mengikuti sertifikasi harusnya semua orang bisa lulus karena ambang batasnya pun tidak terlalu ekstrim. Lulus untuk memiliki sertifikat ahli pengadaan tingkat dasar saat ini bukanlah hal mustahil, lingkupnya hanya diuji sebatas normatif, dan tidak ada pengujian hingga tahap pelaksanaan seperti era Perpres sebelumnya.

Beberapa Daerah saat ini sudah memberlakukan pemotongan TPP bila tidak memiliki sertifikat tingkat dasar, dalam hal ini rate kelulusan di daerah itu saya dengar meningkat signifikan, sepertinya tingkat kelulusan yang masih rendah di K/L/Pemda mungkin bisa di hipotesakan karena unsur “kesengajaan” 😅

Demikian yang dapat saya sampaikan, tetap semangat, tetap sehat, dan salam Pengadaan!

 

Peraturan
Sebelumnya Materi Tutorial Online Perencanaan Kota ADPU 4433 2020.02
Selanjutnya Konsolidasi Pengadaan Paket antar Pengguna Anggaran

Cek Juga

Peta Sebaran Advisor Lkpp

Probity Advisor Wilayah Kalimantan Timur

Apa itu Probity Advisor? Sederhananya adalah orang yang melaksanakan Probity Advice, lebih lanjut bisa menonton/membaca ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: