Fire Emblem 1
Fire Emblem 1

Fire Emblem : Shadow Dragon and Blade of Light

Game yang dirilis tahun 1990 hanya khusus di Jepang melalui Nintendo Famicom dengan judul Fire Emblem: Ankoku Ryū to Hikari no Tsurugi setelah melalui proses remake di konsol portabel Nintendo sebelumnya, kali ini versi orisinili dengan script bahasa Inggris yang familiar dan mudah dibaca dan dipahami sudah dirilis di Konsol Nintendo Switch untuk waktu yang terbatas dalam bentuk digital.

Fire Emblem 1
Fire Emblem : Shadow Dragon and Blade of Light

Dirilis pada tahun 1990 silam sekitar bulan April, baru pada Desember 2020 kita bisa menikmati game ini dalam bentuk aslinya dengan bahasa yang lebih mudah diakses, untuk informasi saja, game ini untuk versi Jepang nya sudah dapat diakses secara gratis melalui membership dan aplikasi Emulasi Famicom bila anda memiliki akun Region Jepang yang dapat mengakses Nintendo e-Shop, namun kendalanya ya bahasa Jepang nya.

Sebagai sebuah game Strategi RPG, Fire Emblem memiliki mekanisme yang sederhana, tentunya akan tidak fair bila dibandingkan dengan seri terbaru Fire Emblem : Three Houses yang jelas sangat superior bila dibandingkan game yang rilis lebih dari 30 tahun silam ini. Fire Emblem sejak awal memperkenalkan konsep perma-death dimana bila anggota unit tim anda tewas dalam sebuah pertempuran, maka karakter itu tidak akan muncul lagi dan bener-bener “mokat” dan mempengaruhi jalan cerita kedepannya. Konsep ini diperhalus pada Seri Fire Emblem modern yang memungkinkan kita mengendalikan waktu atau bahkan sejak awal terdapat mode “casual” sehingga tidak memiliki konsekuensi perma-death agar lebih mudah dimainkan bagi pemain Strategy-RPG pada umumnya.

Fire Emblem : Thre Houses

Karena memiliki “konsekuensi” maka tiap unit / prajurit yang ada di medan tempur harus di kembangkan dan diupayakan pengembangan leveling nya semerata mungkin namun sebisa mungkin komando yang ada juga menghindari adanya risiko tewasnya satu unit karena berdampak permanen itu tadi, hal ini membedakan denan Strategy-RPG lain yang setelah pertempuran usai, unit yang tersedia paling hanya berstatus knocked dan dapat di gunakan kembali di pertempuran berikutnya.

Adapun untuk ukuran game tahun 1990, Fire Emblem pertama ini memang relatif sederhana, namun map yang ada di dalamnya dan tantangan untuk menyelesaikan tiap-tiap pertempuran yang ada tetap menarik dan masih relevan dengan jaman sekarang, terlepas dari kekuatan mata anda yang dapat bertahan atau tidak dengan grafik era 8-bit. Portabilitas Nintendo Switch juga membuat game ini menarik, dan menyenangkan untuk dimainkan kapan saja, satu pertempuran menyita waktu kurang lebih 5 menit hingga 30 menit bergantung dengan kapabilitas anda berstrategi.

Selamat menikmati game jadul yang di branding dan rilis ulang secara resmi 30 tahun setelah diciptakannya dengan bahasa yang lebih mudah di akses.

 

Hak Cipta Gambar :

  • Fire Emblem : Shadow Dragon and Blade of Light adalah sepenuhnya Milik Nintendo
  • Fire Emblem Three Houses adalah sepenuh nya Milik Nintendo
Sebelumnya Fokus Strategi Pengadaan untuk Pengadaan Operasional dan Pengadaan Paket Strategis
Selanjutnya Contoh Tabulasi Rencana Umum Pengadaan untuk di Reviu dalam SIRUP

Cek Juga

Zombieland Double Tap dan Identifikasi sebagai Sarana-Prasarana pendukung Penunjang Keputusan dan Keberhasilan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Zombieland Doubletap Dini hari minggu kemarin pada tanggal 14 Juni 2020 saya sebagai kaum rebahan ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: