Pengadaan Videotron/Video Wall/Display Profesional

Pengantar

Sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saya pernah melakukan Pengadaan Video Wall, baik Video Tron, Video Wall, atau Digital Signange sebenarnya sama-sama Pengadan Barang dalam spesialisasi Layar Profesional atau dikenal dalam bahasa asing Profesional Display. Bagaimana melakukan identifikasi kebutuhan untuk produk Profesional Display? saya melakukan identifikasi kebutuhan dengan melakukan beberapa pertimbangan.

Karakteristik

Profesional Display tidak hanya sebatas yang saya sebutkan di bagian Pengantar semata, beberapa produk yang saya pelajari adalah sebagai berikut :

  • interactive Flipchart
  • Papan tulis interaktif digital
  • Smart Signage/Digital Signage
  • Video Wall
  • Video Tron

Penggunaan tiap jenis produk tersebut tentunya akan bergantug pada kebutuhan, jangan asal beli saja.

Interactive Flipchart

Produk ini digunakan untuk ruang kelas, ruang rapat kecil, dan digunakan untuk kebutuhan spesifik dalam hal penggunaan flipchart konvensional, bedanya adalah tidak lagi perlu spidol, tidak perlu menggunakan kertas, dan setiap tulisan dapat di simpan secara digital dan antar layar dapat berganti-ganti antara lembar satu dengan lembar lainnya, persis seperti flipchart konvensional, perangkat ini biasanya hanya digunakan sebagai satu fungsi dan tidak memiliki fungsi untuk memproyeksikan layar dari perangkat Komputer atau ponsel atau tablet, walaupun merek tertentu di masa mendatang kemungkinan dapat menambahkan fitur ini.

Digital Whiteboard atau Papan Tulis Digital

Serupa dengan Interactive Flipchart, produk ini digunakan untuk ruang rapat/pertemuan/diklat dengan volume ruang rapat yang berukuran sedang.

Fitur-nya serupa dengan digital flipchart, ukuran lebih besar dan saat ini memiliki fitur untuk menampilkan proyeksi dari layar perangkat cerdas saat ini.

Smart Signange

Digunakan untuk menampilkan informasi layanan publik di tempat umum, profesional display jenis ini menampilkan informasi berupa pengumuman dan hal lain yang memang mudah dilihat publik, perangkat ini dapat di setting dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengaturan konten yang ditampilkan dapat diatur secara jarak jauh.

Video Wall/Video Tron

Video Wall ataupun Video Tron memiliki fitur yang hampir serupa, digunakan untuk menampilkan layar besar yang berupa panggung besar untuk menampilkan konten presentasi atau visual dengan luas ruangan yang besar, artinya yang melihat sajian layar adalah peserta dengan jumlah kapasitas besar, pada tahun 2019 saat saya menjadi PPK pertimbangan saya memilih Video Wall adalah :

  • Resolusi yang lebih tinggi
  • Tingkat kecerahan layar yang biasanya diukur dengan satuan NIT yang lebih tinggi
  • Lebih tipis dan tidak memakan tempat terlalu tebal
  • Ketajaman warna
  • Kerapatan dan stabil nya tampilan konten yang konsisten hingga jarak pandang yang lebih jauh, sehingga secara jangkauan lebih terlihat bagi yang duduk menjauhi layar, namun tetap stabil dan nyaman dilihat bagi yang dekat
  • Kemudahan konfigurasi, untuk kebutuhan layar yang semakin besar maka tinggal tambah panel nya saja

Kelemahan :

  • Lebih mahal dibandingkan Videotron
  • Pengggunaan hanya untuk Indoor, walaupun ada juga Videotron yang Indoor tapi biasanya Video Tron digunakan untuk keperluan Outdoor
  • Walau mudah dikonfigurasi, untuk ukuran layar secara utuh semakin besar tinggal tambah panel, namun bezel tiap panel akan menghasilkan garis pembatas yang bagi orang tertentu dirasa kurang nyaman.

Identifikasi Kebutuhan

Berdasarkan beberapa pilihan diatas, maka PPK perlu menentukan kebutuhan yang akan dipenuhi berdasarkan karakteristik teknologi yang akan digunakan, penjelasan diatas mungkin tidak terlalu relevan di masa mendatang karena bisa jadi produsen mengeluarkan teknologi baru lagi, namun pada dasarnya saya pernah menganalisis bahwa kebutuhan akan display profesional diatas berdasarkan kepada hal-hal yang sebagian besar telah saya tuliskan diatas. Tentunya website produsen akan lebih detil lagi membahas dengan keunggulan produknya masing-masing.

Karena yang pernah saya lakukan pengadaannya adalah Video Wall, nanti di artikel mendatang akan saya bahas bagaimana cara melakukan perhitungan kebutuhan unit berdasarkan luas ruangan, pada prinsipnya setiap kebutuhan harus terukur dengan jelas berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan dengan menggunakan pendekatan kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi, dan pelaksananya.

Demikian yang dapat disampaikan, tetap semangat, tetap sehat, dan salam pengadaan!

 

 

Perencanaan
Sebelumnya Pengadaan Genset
Selanjutnya Kebutuhan Display Profesional

Cek Juga

Peta Sebaran Advisor Lkpp

Probity Advisor Wilayah Kalimantan Timur

Apa itu Probity Advisor? Sederhananya adalah orang yang melaksanakan Probity Advice, lebih lanjut bisa menonton/membaca ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: