Ebd67308 B7de 4c38 9cc5 70f1b2fef581
Jenis Jaminan dan Garansi

Pengadaan Jasa Lainnya yang aset Penyedia dikuasai oleh pengguna

Dalam Pasal 33 Perpres PBJ salah satu ketemtuan dikecualikan dari kewajiban Jaminan Pelaksanaan adalah :

Pengadaan Jasa Lainnya yang aset Penyedia dikuasai oleh pengguna

 

Ketentuan ini logis untuk dilakukan, contoh pekerjaan Jasa Lainnya untuk sewa beberapa kapal selama setahun dengan nilai Rp. 2Milyar.

pelaku usaha pemenang tender yang berkontrak dan selanjutnya menjadi penyedia akan menyerahkan kapal-kapal tersebut kepada PA/KPA/PPK selama beberapa waktu sesuai kontrak, dengan demikian selama penggunaannya oleh pengguna jasa kapal-kapal tersebut dikuasai oleh pengguna dan digunakan untuk pelaksanaan tugas yang menjadi tujuan pengadaannya.

ketika hal ini dilaksanakan, maka penguasaan aset dari penyedia jasa lainnya menjadi dikuasai pleh pengguna, maka tidak diperlukan jaminan pelaksanaan. Bagaimana bila kapal mengalami kerusakan? Hal ini sudah menjadi aspek mitigasi risiko berkontrak, seharusnya dituangkan sebagai cakupan berkontrak, bila terjadi demikian maka sejak rancangan kontrak penyedia diwajibkan menyediakan pengganti…. Misal dalam waktu 3 hari paling lambat harus tersedia pengganti, keterlambatannya dikenakan sanksi denda, kemudian hindari juga penggunaan jenis kontrak lumsum, atau dengan kata lain digunakan jenis kontrak harga satuan.

Dengan demikian walaupun tidak diperlukan jaminan pelaksanaan, Perancang Kontrak perlu memitigasi pelaksanaan kontrak dan risikonya sejak menyusun rancangan kontrak.

demikian.

 

Kontrak
Sebelumnya Sistem Pengadaan Secara Elektronik, apakah hanya “website lelang?”
Selanjutnya Tindak Lanjut Tender/Seleksi Gagal

Cek Juga

Memaknai ketentuan preferensi harga (Aspirasi Perubahan Perpres 12/2021)

Baik Pada Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 maupun Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: