img 7232
img 7232

Melaksanakan proses e-purchasing untuk pekerjaan konstruksi sederhana rehab ringan

Pekerjaan konstruksi sederhana rehab ringan di katalog untuk perawatan plafon seharga (misal) Rp500.000 per meter persegi, apakah perlu konsultan perancang dan pengawas?

Karena pekerjaan nya sederhana, jawabannya tidak perlu penyedia konsultan perancang dan tidak perlu penyedia konsultan pengawas. Tapi masih perlu produk perencanaan dan produk pengawasan.

Karena sifat pekerjaannya sangat sederhana, maka perlu di estimasi luasan pekerjaan yang akan dilaksanakan, karena sifat nya sederhana tentunya perencanaannya bisa sederhana dan dilakukan tenaga yang tersedia di satuan kerja, misal diperlukan pada bagian yang rusak total 400 meter persegi, maka estimasi tersebut dapat dilakukan sendiri atau istilah PBJP nya dengan cara swakelola.

Misal di estimasi dari pekerjaan rusak 400 meter persegi diperlukan biaya hitungan kasar senilai Rp175juta, maka harga ini menjadi referensi harga untuk negosiasi harga, dengan demikian harga katalog yang merupakan harga eceran tertinggi dapat dinego dari semula Rp500.000 x 400mpersegi = Rp200.000.000 dapat kita coba nego jadi 160juta…… kok lebih rendah? Namanya juga usaha negosiasi  kalau pun skenario terburuknya belum bisa mencapai kesepakatan Rp175juta karena penyedia katalog mentok di 179juta ya bisa cari pelaku usaha lain di katalog…. Kalau tidak ada??? Ya deal saja di 175juta…. Ingat harga referensi di katalog itu dasar untuk bernegosiasi dan menilai kewajaran harga, bukan harga yang tidak boleh dilampaui….. harga referensi bukan HPS….

 

pak saya ngga berani, saya deal dengan metode pengadaan langsung sama penyedia di pasar yang harga nya 175juta tadi…. Ya sudah ngga apa-apa, e-purchasing bukanlah kewajiban, dokumentasikan proses e-purchasing tadi lalu lakukan persiapan pengadaan dengan pengadaan langsung…. Ini juga boleh…

 

Bagaimana dengan proses pengawasannya? Karena pekerjaannya rehab ringan yang sederhana maka ya diawasi sebaik mungkin dengan kemampuan sdm yang dimiliki.

Katalog Elektronik Konstruksi sebaiknya untuk pekerjaan pemeliharaan / rehab ringan yang memang sudah umum di pasaran, harusnya akan aman saja.

 

Demikian.

Sebelumnya Jenis Kontrak yang sesuai untuk Jasa Konsultansi Pengawasan Konstruksi
Selanjutnya Butir Angka Kredit Pengembangan Profesi Khususnya pada Jafung PPBJ

Cek Juga

img 6830

Karakteristik Kontrak tidak dapat dipaksakan

Jangan tergoda dengan uraian bahwa Jenis Kontrak Lumsum itu seluruh risiko di tanggung oleh penyedia. ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: