Perspektif Pengadaan
Perspektif Pengadaan

Jasa Pengiriman dan Service Level Agreement

Jasa Pengiriman dapat kita kategorikan sebagai Jasa Lainnya, uraian tentang Jasa Lainnya sebagaimana diatur dalam Perpres Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah :

Jasa Lainnya adalah jasa nonkonsultansi atau jasa yang membutuhkan peralatan, metodologi khusus,dan/atau keterampilan dalam suatu sistem tata kelola yang telah dikenal luas di dunia usaha untuk menyelesaikan suatu Pekerjaan

Sebagai jasa yang dapat dikategorikan Jenisnya sebagai “Jasa Lainnya”, maka Jasa Pengiriman ini perlu di detilkan sebagai Spesifikasi Teknis, beberapa kemungkinan Spesifikasi Teknisnya adalah :

  • barang yang dikirim yang penting sampai;
  • barang yang dikirim sampai paling lambat 7 hari kerja
  • barang yang dikirim sampai paling lambat 3 hari kerja
  • barang yang dikirim sampai paling lambat 1 hari
  • barang yang dikirim paling lambat sampai dalam 12 jam
  • barang yang dikirim paling lambat sampai dalam 6 jam
  • barang yang dikirim paling lambat sampai dalam 3 jam
  • dan seterusnya

Kriteria-kriteria diatas adalah “Kesepakatan Tingkat Layanan” atau lazim dikenal “Service Level Agreement” (SLA). SLA ini yang menjadikan Spesifikasi Teknis pada Jasa Lainnya berbeda dibanding dengan Pengadaan Barang atau Pekerjaan Konstruksi, karena Jasa Lainnya hadir untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, dan pekerjaan ini sah-sah saja diatur Tingkat Layanannya dalam pernyataan SLA.

Ketika SLA semakin “prima” maka kemungkinan harganya semakin mahal. Walau sama-sama jasa pengiriman, harga pasti akan berbeda antara :

  • barang yang dikirim sampai paling lambat 7 hari kerja

Dengan :

  • barang yang dikirim paling lambat sampai dalam 3 jam

Selain itu kemampuan Pelaku Usaha juga berbeda-beda, analisa pasar ini selain berpengaruh pada penyusunan Harga Perkiraan Sendiri, juga berpengaruh pada perlakuan Pengadaan apakah Pengadaan Reguler atau Pengadaan Dikecualikan sebagai bagian Pengadaan Khusus, juga akan berbeda dalam hal Pengadaan Reguler terkait Metode Pemilihan Penyedia.

Mari cermati bagaimana menghadapi beberapa opsi dalam soal sebagai berikut :

Tentang Pengiriman melalui Ekspedisi. di beberapa instansi yg saya ketahui, PPKnya mengambil kebijakan “tarif mahal tidak apa2 asal bisa sampai sehari”

Untuk Jasa Lainnya ini pengadaan lebih optimal dilaksanakan dengan :

a. Pengadaan Langsung
b. Penunjukan Langsung
c. Pengadaan Dikecualikan
d. Semua Jawaban Dapat Dilakukan

Kalau di sebuah daerah yang dapat melaksanakan berbagai variasi SLA, kemudian nilai harga jasa kurang dari Rp200.000.000, jawaban A logis dipilih, karena paling Optimal, mengapa?

Pendapat Andika, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa dari Litbang Kemenhumham melalui diskusi dalam Forum Pengadaan WAG kami :

Tapi menurut saya klo liat dari redaksinya sih “gpp mahal yg penting lebih cepat nyampe” >>> dia sebenernya punya beberapa opsi provider ekspedisi tapi spek nya time-wise yg artinya concern ke waktu. Hence, sepertinya memang lebih optimal pake pengadaan langsung.

Pendapat ini akurat sekali, saya sepakat :

Jawaban optimal A

Contoh penyedia :
a. Jasa jasa semacam One Night Services semacam TIKI, JNE, J&T, Sicepat, BUMN Pos Indonesia, dst secara umum, cukup dengan bukti pembayaran, bisa dengan PENGADAAN LANGSUNG.

Maka kita dapat melakukan pembuatan “mini katalog” untuk Jasa Lainnya Pengiriman ni dengan berbagai kategori SLA, sehingga strategi Pengadaannya dilakukan Pengadaan Langsung untuk beberapa tingkat layanan yang memenuhi.

Kurang lebihnya demikian respon kita yang perlu diambil.

Salam Pengadaan!

 

Christian Gamas || Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda

Pemilihan Penyedia Pelaksanaan
Sebelumnya Pengadaan Paket Data Dari Provider Telekomunikasi
Selanjutnya Perjalanan Dinas dan Komponennya pada Perencanaan Pengadaan

Cek Juga

case 1

Konsolidasi Pengadaan, ternyata tidak susah?

Melanjutkan materi dari : https://christiangamas.net/konsolidasi-pengadaan-benarkah-susah/ kesulitan / susah melakukan Konsolidasi karena kita belum melakukan saja, ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: