img 6041
img 6041

Aspek Kolaboratif Dalam Kurasi Potensi Penyimpangan Penayangan Produk Katalog Elektronik

Saat ini proses Katalog telah dipangkas langkah penayangannya menjadi hanya 2 langkah, tujuan pemangkasannya untuk mempermudah transaksi produk dari pelaku usaha UMKM dan/atau meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Tentunya ada plus / minus dari pemberian kebijakan ini, plus nya percepatan dan ragam produk katalog sekarang sudah luar biasa banyak, minus nya kalau dahulu (sebelum era 2 langkah) terdapat langkah-langkah untuk memastikan produk sudah value for money, khususnya aspek tepat harga, sehingga langkah tersebut memberi quality assurance terkait aspek harga bahwa harga yang terpakang itu adalah harga terbaik, kalaupun di nego bisa turun biasanya harganya turun tersebut karena hitungan kuantitas belanja yang memberikan pergeseran dari kuadran routine ke leverage.

Kemudian seandainya ada penyimpangan dalam proses penayangan katalog, keberadaan lebih dari dua langkah penayangan katalog tersebut dapat mengisolasi/isolir penyimpangan dilakukan siapa….

Oleh karena itu fitur untuk memberikan laporan menjadi sangat penting di era hanya 2 langkah ini…. Salah satu tampilan dari sistem apabila ada laporan atas suatu produk adalah sebagai berikut :

cbf2345d 691e 4143 a482 7507a6a32717
cbf2345d 691e 4143 a482 7507a6a32717

 

Dengan demikian pengawasan bersama rame-rame yang kolaboratif ini akan dapat digunakan untuk mendorong katalog elektronik nantinya terbentuk sebuah ekosistem belanja yang sehat, tidak sekedar mengejar kuantitas, dan memberikan rasa aman akan kepastian barang/jasa yang dibeli dan mencapai tujuan PBJP yang value for money.

Aspek kolaboratif ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol laporkan yang memberikan peluang bagi siapa saja untuk melaporkan potensi penyimpangan yang terjadi dalam proses penayangan sebuah produk. Sebagai contoh saat ini marak dilakukan pencantuman produk ber-TKDN tinggi dengan mencantumlan link produk lain pada sebuah produk yang tayang, link Sertifikat TKDN ini di tautlan dari Katalog Elektronik kepada produk ber-TKDN tinggi yang sama sekali gak nyambung dengan apa yang akan dibeli.

Bentuk penyimpangan ini bila anda temui, dapat klik saja tombol untuk melapor dan cantumkanlah alasannya. Ketika hal ini terlaksana maka akan muncul peringatan bahwa ada yang salah dengan produk ini atau penghentian tayang sehingga tidak di klik, kurasi aspek value for money menjadi sangat penting saat ini yang perlu dilakukan secara kolaboratof, karena dengan munculnya notifikasi berkaitan dengan status produk, hal ini akan menyelamatkan orang lain dari pengambilan keputusan.

Sebelumnya Apakah Inpres 2/2022 merupakan satu-satunya kebijakan untuk meningkatkan penggunaan Produk Dalam Negeri?
Selanjutnya Kejelasan Merek dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Cek Juga

Berlakunya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Saat ini sudah terdapat Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 8 Tahun 2023 ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: