Memanfaatkan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan untuk mengetahui e-Purchasing yang akan dilaksanakan

Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan mengandung informasi dengan cakupan informasi paket-paket pengadaan yang akan diadakan, mulai dari nilai pagu, jadwal pemanfaatan, jadwal pengadaan, hingga metode pemilihan penyedia.

SIRUP bukan lah aplikasi baru!

Tahun 2019an penyedia katalog profesional melakukan sounding potensi sebuah K/L/Pemda dengan menganalisa SIRUP, karena pada dasarnya Pengadaan Secara Elektronik tidak dapat dilakukan kalau paket nya tidak dilakukan pengumuman di SIRUP.

Berbagai lembaga dan Peraturan juga mewajibkan pengumuman paket PBJP melalui SIRUP, kalau terlambat diumumkan akan berpengaruh pada indikator-indikator kelembagaan.

Jadi sebenarnya tidak ada lagi umpet-umpetan paket…

Bagaimana caranya mengetahui secara sistem bahwa suatu K/L/Pemdas edang mengadakan pengadaan melalui e-katalog/e-purchasing ?

ya lakukan analisa dengan membuka SIRUP! Hal ini lumrah dilakukan oleh Penyedia Katalog….. Pelaku Usaha Katalog dalam merespon kebutuhannya Pengguna (owner) dapat memberitahukan / menginformasikan (berpromosi) atas kebutuhan tersebut, dapat dilakukan dengan bersurat kepada K/L/Perangkat Daerah Pemda.

Apakah hal ini terlarang dan termasuk cawe-cawe? Selama anda berpromosi dengan menyampaikan company profile dan kemampuan berusahanya tanpa menawarkan hal hal yang ilegal ya tidak masalah, tujuannya anda berpromosi itu adalah menimbulkan awareness….

Tentunya hasilnya tidak langsung instant. Tapi promosi / menyampaikan informasi ini bisa dikatakan investasi bagi pelaku usahanya agar dikenal sehingga memperbesar peluang buat di klik.

Menayangkan diri di katalog saja tidak dapat membuat pelaku usaha diketahui, karena penyedia itu ada banyak.

Demikian.

Sebelumnya Cara Menyusun HPS Pengadaan Bis
Selanjutnya Dokumentasi : Pelaksanaan Kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen Pemilihan bagi Pejabat Pengadaan pada UKPBJ Biro Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Kalimantan Utara (12 September 2023) di Tanjung Selor

Cek Juga

img 6753

Komoditas PBJP dikecualikan masuk dalam Sarana E-Purchasing, apakah boleh?

Jangan lupa bahwa e-Purchasing itu hadir sebagai sarana untuk mempertemukan penjual dan pembeli dengan keberadaan ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: