Konsolidasi Pengadaan?

Berdasarkan Pedoman, dapat dilakukan dengan cara :

  • memperbesar volume dengan melakukan penggabungan antar PA/KPA/PPK untuk barang/jasa sejenis;
  • proses pemilihan penyedia yang dilakukan bersamaan;
  • kontrak payung.

Bagaimana memilihnya?

Kenali strategi dengan menyesuaikan tingkatan :

  • tujuan nasional (makro);
  • tujuan organisasi (meso);
  • tujuan pengadaan paket tersebut (mikro);

Melakukan konsolidasi sebagai strategi, semua indikator kinerja sudah harus jelas dulu, intinya sudah matang pada taraf masing-masing, jadi perencanaannya sudah beres, proses persiapannya sudah matang, dan pelaksanaannya sudah paten, baru kita berkonsolidasi. Apakah sudah harus sempurna? tidak, kalau harus sempurna maka kapan konsolidasinya? pemikirannya lebih kepada matang dan sudah mampu memitigasi pada taraf-taraf tingkatan strategi itu.

Misal Pengadaan Komoditas Jasa Kebersihan, sudah harus clear dari tahapan tujuan pengadaan paket (mikro), sudah jelas apa yang ingin dicapai dari pengadaan, tujuannya adalah menghadirkan value for money atas pengadaan Jasa Kebersihan. Secara Meso di tingkat Organisasi sudah jelas suasana bersih dapat meningkatkan kinerja dan citra dari organisasi pemerintah, namun hal ini wajib dilaksanakan untuk mencapai tujuan nasional, bagaiman organisasi pemerintah senantiasa performed dengan standar kebersihan yang baik, bersih lingkungannya namun tidak mengabaikan aspek salah satunya pengadaan berkelanjutan yang mencakup keberlangsungan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Maka kalau sudah jelas tujuan pada masing-masing tingkatan, dapat dilakukan Konsolidasi. Ketika setiap unit kerja/satuan kerja sudah sepemahaman di tiap tingkatan strategi mulai dari  nasional, organisasi, dan tujuan paket pengadaan, maka proses konsolidasi nya akan mudah, laksanakan saja perencanaan persiapan dan pelaksanaan,strateginya bisa beragam untuk konsolidasi, disatukan dalam satu paket bisa, dilakukan dengan tender bersama bagus, dan dilakukan dengan kontrak payung malah akan semakin keren, yang penting Tujuan Pengadaan, Kebijakan Pengadaan, Prinsip Pengadaan, dan Etika Pengadaan serta kepatuhan terhadap regulasi berjalan dengan baik.

Jadi? Konsolidasi perlu komitmen kuat dari pimpinan, perlu menyamakan dan menetapkan konteks, perlu melakukan komunikasi antar tiap level organisasi. Kalau strategi pengadaan sudah memikirkan kinerja, maka tidak akan terjebak komoditas pengadaan dianggap sebagai pekerjaan, tapi akan dianggap sebagai sebuah proses pemberian nilai tambah yang akan memudahkan organisasi mencapai tujuan nya.

Kalau Organisasi mencapai tujuan, maka sejatinya organisasi tersebut tetap perlu ada dan tidak lekang oleh waktu, bila organisasi tersebut tidak berjalan dengan efektif, maka besar kemungkinan tidak akan dianggap berguna, lama lama bubarkan saja karena tidak menjadi solusi namun malah menjadi masalah. Maka pandanglah Konsolidasi sebagai salah satu STRATEGI yang dapat digunakan untuk meningkatkan Kinerja agar organisasi tidak tersibukkan dengan Pekerjaan Pengadaan, namun menjadi Organisasi Berdaya Guna yang memanfaatkan proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah seabagai cara untuk semakin mempercepat pencapaian tujuan organisasinya, memberikan nilai tambah dengan optimalisasi yang berorientasi optimasi (optimized).

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Pengadaan!

 

Christian Gamas || Pengelola Pengadaan Barang/jasa Ahli Muda.

Konsolidasi
Sebelumnya Dokumentasi : Pelatihan Daring Kab. Kutai Barat PBJP Level 1 22 s.d 25 Februari 2022
Selanjutnya Identifikasilah Kebutuhan alih-alih Mengedepankan Keinginan

Cek Juga

Memaknai ketentuan preferensi harga (Aspirasi Perubahan Perpres 12/2021)

Baik Pada Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 maupun Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: