Diagnosa Kematangan Kelembagaan UKPBJ

Pengantar

Telah diterbitkan Peraturan LKPP Nomor 5 tahun 2019 tentang Model Pengukuran Tingkat Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa dan salah satu tugas Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menghadirkan kebutuhan untuk melakukan diagnosa atas kematangan kelembagaan pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Latar Belakang

Moderenisasi Pengadaan dan Penguatan tata kelola Kelembagaan pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah merupakan sesuatu yang berkaitan erat satu sama lainnya, tidak mungkin menghadirkan proses pengadaan yang dapat diandalkan dan memiliki risiko yang minimal apabila kelembagaan dari UKPBJ tidak terkelola dengan baik.

Mengelola kelembagaan UKPBJ dapat dilaksanakan dengan melakukan diagnosa atas kondisi eksisting kelembagaan UKPBJ dan menguploadnya dalam Sistim Informasi Manajemen Kemantangan UKPBJ (SIMKU) yang dapat diakses pada tautan URL : siukpbj.lkpp.go.id

Pembahasan

Kematangan UKPBJ dapat dilihat rinciannya pada PerLKPP Nomor 5 tahun 2019 yang dapat diunduh melalui tautan laman Download : https://christiangamas.net/downloads/ atau Tautan dari website ini : https://christiangamas.net/wp-content/uploads/2020/05/Peraturan-Lembaga-Nomor-5-Tahun-2019_1414_1.pdf atau dari LKPP langsung pada laman https://jdih.lkpp.go.id/regulation/peraturan-lkpp/peraturan-lkpp-nomor-5-tahun-2019.

Pengalaman pribadi saya dalam melakukan penyusunan laporan adalah menggunakan sistimatika penulisan sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Maksud dan Tujuan
  3. Metodologi
  4. Kematangan UKPBJ Eksisting
  5. Kematangan Variabel dalam Kematangan UKPBJ Eksisting
  6. Diagnosa Kebutuhan Bukti Dukung
  7. Saran
  8. Kesimpulan

Elemen Penting dalam Laporan

Pada bagian Kematangan UKPBJ eksisting, pembuat laporan menuliskan rincian dari tiap-tiap variabel berdasarkan kondisi saat ini. Kemudian dilanjutkan Kematangan Variabel dalam Kematangan UKPBJ Eksisting yang berisikan apa saja indikator bukti dukung yang perlu di upload dalam SIMKU. Berdasarkan kedua bagian tersebut selanjutnya Bukti Dukung yang belum terpenuhi dicantumkan dalam bentuk tabel pada bagian Diagnosa Kebutuhan Bukti Dukung.

Contoh Diagnosa Kebutuhan Bukti Dukung adalah sebagai berikut :

Pembentukan tabel diatas dipandang penting karena tampilan dari SIMKU memang secara taksonomi dikelompokkan berdasarkan masing-masing variabel padahal untuk tiap sub-variabel/indikator memiliki keterkaitan satu sama lain dan akan lebih mudah mengatur strategi dan tujuan organisasi UKPBJ apabila seluruh bukti dukung tersebut dapat dibaca dalam satu halaman yang sama.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan diagnosa kematangan kelembagaan UKPBJ, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat, tetap semangat, tetap sehat, dan salam pengadaan!

 

Kelembagaan
Sebelumnya Identifikasi Kebutuhan dan Susu
Selanjutnya Primary Demand

Cek Juga

Prestasi dalam Kontrak sebagai Obyek Perjanjian

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer), definisi perikatan tersirat dalam Pasal 1233 KUHPer yang berbunyi ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: