Pengumuman Rencana Umum Pengadaan Wujud Prinsip Pengadaan

Pengumuman Rencana Pengadaan merupakan wujud penerapan Prinsip Pengadaan, informasi yang diumumkan dalam RUP merupakan pelaksanaan keterbukaan informasi, dimana masyarakat bisa mengetahui apa yang akan dilaksanakan pengadaannya oleh Pemerintah.

Masyarakat disini juga termasuk para Pelaku Usaha, dengan demikian para Pelaku Usaha dapat mengetahui secara terbuka apa yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah dengan metode pemilihan yang berpotensi diikuti.

Pengumuman RUP yang diumumkan sebelum tahun anggaran dimulai akan memberikan waktu yang cukup untuk bersiap berkompetisi, karena dalam RUP turut diumumkan metode pemilihan penyedia dan rencana jadwal pemilihannya.

Misal Pelaku Usaha X melihat paket pekerjaan yang sekiranya mampu dia kerjakan, dan metode pemilihan penyedianya adalah Tender, rencana akan dilakukn pemilihan penyedianya pada Bulan Januari, maka Penyedia dapat memantau LPSE dari K/L/Pemda tersebut sehingga bisa bersiap menyiapkan dokumen-dokumennya.

Dengan demikian keterbukaan informasi pengadaan melalui RUP ini memang memiliki tujuan yang positif, selain keterbukaan informasi, juga memperbesar peluang untuk mendapatkan kompetisi yang jamak dari berbagai pelaku usaha dalam proses pemilihan.

Jadi pengumuman RUP itu bukan sekedar kewajiban, namun memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas pengadaan.

Demikian.

Sebelumnya Badan Usaha Milik Desa dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
Selanjutnya Kesesuaian e-Purchasing terhadap Pengadaan

Cek Juga

Bukan kerja Rodi, Pekerja di lapangan wajib dibayar tepat waktu!

Pengadaan Barang/Jasa oleh Penyedia perlu dikendalikan koktraknya. salah satu aspek adalah kelancaran pembayaran kepada para ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: