Sekrup Kecil dalam Kesatuan Sistem Besar

Pendahuluan

Seri reflektif yang terbit (diusahakan) tiap hari minggu ini bertujuan untuk menuliskan refleksi tentang hal-hal yang semoga bisa membuat kita semua lebih produktif di bidang kehidupan kita sehari-hari secara umum.

Sekrup Kecil

Dalam setiap perangkat apapun di dewasa ini, kita selalu melihat sekrup kecil, sekrup kecil berfungsi “merekatkan” sebuah kesatuan agar tetap berada pada tempat dan fungsinya.

Kesatuan Sistem dan Sekrup Kecil

Betapa luar biasa bila kita menjadi “ahli” untuk sesuatu yang dasar, walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa bberapa orang diberi talenta untuk istimewa. Contoh dengan kemampuan menulis mereka yang istimewa bisa menghasilkan tulisan hasil riset yang berguna bagi banyak orang sebagai sesuatu yang baru.

Tapi suka tidak suka harus diakui bahwa tidak semuanya punya dan dilahirkan sebagai sesuatu yang istimewa dan menjadi bagian dari tonggak sejarah…. termasuk saya… Dengan menyadari “realita” ini diusia sekarang yang tentunya berbeda secara kontekstual bagi remaja berusia belasan tahun yang masih memiliki waktu untuk eksplor potensi Saya yang biasa-biasa memilih melakukan hal “dasar”, dengan fondasi menyadari bahwa kemampuan biasa-biasa saja….

Namun hal mendasar yang “biasa” ini bukan berarti tidak berguna, terkadang diperlukan bagi orang istimewa sebagai bahan pengembangan….Tidak semua orang bisa menjadi “mesin jet” yang mampu menerbangkan sebuah pesawat hingga menghantarkan banyak orang sampai di tujuannya….

Sebagai sekrup-sekrup kecil yang biasa-biasa saja, saya memilih menjadi sekrup yang berfungsi…. fungsi nya sangat mendasar, terutama dibandingkan dengan mesin jet…. namun saya berusaha agar bisa menjaga keutuhan rangkaian mesin sebagai sekrup….Sebagai sekrup-sekrup kecil yang mungkin “sepele”.

Dengan demikian mari kita menjalankan fungsi sebaik mungkin dalam peran kita sehari-hari, tidak perlu merasa kecil hati, karena tanpa sebuah sekrup-sekrup kecil dalam suatu kesatuan, sebuah sistem tidak akan berfungsi dengan baik.

Peran sekrup kecil memang biasa, namun dalam sebuah kesatuan sistem besar, tanpa sekrup biasa itu tadi sebuah pesawat jet besar tidak dapat berfungsi kokoh sebagai kesatuan, fungsi “biasa” yang ternyata berdampak “luar biasa”.

Demikian yang dapat disampaikan, tetap semangat, tetap sehat, dan salam produktifitas.

Sebelumnya PBJP Khusus- Dikecualikan UU Lainnya
Selanjutnya Usaha Kecil dan Usaha Non-Kecil

Cek Juga

Penyalahgunaan Wewenang

Penyalahgunaan Kewenangan alias detourne-ment de pouvoir

Kebijakan Publik dilakukan dengan kekuasaan negara namun kekuasaan negara tersebut tidak merdeka dalam bertindak secara ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: