Timing Perencanaan Pengadaan
Timing Perencanaan Pengadaan

Menentukan Sumber Data Untuk Menjawab Informasi Dasar Kebutuhan

Dalam artikel Informasi Dasar Identifikasi Kebutuhan  telah disebutukan tahapan dari Informasi Dasar Identifikasi Kebutuhan adalah menjawab berbagai pertanyaan yang disebutkan dalam artikel tersebut, tahapan Informasi Dasar Kebutuhan itu sebenarnya bertujuan untuk :

Menetapkan dan Mengumpulkan Fakta / Informasi

Dalam menjawab informasi berdasarkan fakta diatas, tidak ada salahnya kita melihat penerapan Internet of things (IOT) dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini era IOT alias Internet of things (semoga saya gak salah ketik), menyalakan televisi dengan perintah suara, televisi pun saya menggunakan layanan streaming digital, bahkan untuk menyalakan lampu pun saya menggunakan internet, dalam cuaca tertentu cerah redup nya bisa diatur, jam tertentu sudah otomatis mati, dan beberapa lampu nyala otomatis ketika saya sedang berada di rumah.

Tidak perlu berkhayal luar biasa bahwa saya menanamkan chip nanomicron dalam aliran darah saya, lah teknologi untuk mendeteksi keberadaan saya dimana itu ya sudah jelas dari benda yang selalu ada di tas/kantong, yaitu ponsel dengan koneksi internet always on. Penggunaan IOT ini pada lampu LED membuat konsumsi listrik seharusnya lebih efisien, dari aplikasi seharusnya terbaca konsumsi listrik dalam periode waktu tertentu, hal yang sama juga di implementasikan dalam perangkat rumah tangga lainnya, walau saya terbatas hanya pada lampu dan set top box televisi, tapi pada dasarnya untuk teknologi serupa sebenernya sudah hadir di pengkondisi udara ruangan, kulkas, hingga mesin cuci.

IOT pada home appliances tadi saat ini selain mengetahui preferensi pengguna dan kebiasaan dari si empunya rumah, juga menjadi sumber informasi bagi pengeluaran pemilik rumah, minimal pada konsumsi sumber daya listrik, kalau untuk mesin cuci IOT yang saya baca fitur nya adalah memprediksi cuaca sehingga tidak menyarankan seseorang owner untuk tidak memulai mencuci karena tahapan penjemuran pasti tidak terlaksana karena cuaca….

Bagaimana dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik menggunakan e-marketplace pengadaan?

Serupa dengan IOT yang memberikan kita berbagai informasi, informasi belanja Pemerintah dapat dilakukan pengumpulannya dengan memperhatikan dan menganalisa dokumen :

  • Laporan Keuangan;
  • Database Penganggaran;
  • Database Pengadaan, baik dari sistim pendukung SPSE, Monev TEPRA, SIPD, dsb;
  • Database Barang Milik Negara/Barang Milik Daerah;
  • Hasil Kinerja dari Penyedia eksisting;
  • Kondisi Pasar dari Persepsi End Users dan Pembeli;
  • Website yang membahas lingkungan bisnis Industri, kemudian analisa Pasar yang pernah kita lakukan.

Kumpuan Datum yang menjadi Data tersebut menjadi informasi, yang selanjutnya dapat digunakan untuk menganalisa belanja atau spending analysis.

Demikian yang dapat disampaikan, tetap semangat, tetap sehat, tetap jujur, tetap berintegritas, dan salam pengadaan!

Perencanaan
Sebelumnya Ngerumpi PeBeJe #31 Pergeseran Paradigma Pengadaan Pemerintah, Perpres 16/2018 sudahkah optimal?
Selanjutnya Ngerumpi PeBeJe #32 Strategi Pengadaan????

Cek Juga

pengurus barang

Apakah Pengurus Barang Milik Daerah, Pengurus Barang Pengelola. Pengurus Barang Pengguna, Pengurus Barang Pembantu dapat mengikat Komitmen?

Berdasarkan Pasal 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: