pemerintahan elektronik
pemerintahan elektronik

Ketentuan Kehadiran Pelaku Usaha dalam lingkup kontrak

Pada saat penyusunan rancangan kontrak keberadaan kehadiran pelaku usaha dapat diuraikan dalam klausul kewajiban dalam kontrak sebagaimana kebutuhan pekerjaan, kebutuhan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengadaan.

Sebagai contoh produk yang sifatnya pengiriman barang, kemungkinan tidak dibutuhkan proses instalasi, barang siap pakai dan digunakan seperti pengadaan printer inkjet, maka tidak perlu menuliskan kewajiban kehadiran pelaku usaha.

Tapi pekerjaan Jasa Lainnya Keamanan, dapat saja menerapkan kehadiran pada jam tertentu dengan uraian shift giliran jaga, maka dalam kontrak hal ini dapat dituliskan.

pendetilan skema kehadiran yang sifatnya terpengaruh langsung terhadap keberlangsungan pekerjaan ini sebaiknya dituliskan di kontrak sejak proses konsepsi rancangan kontrak, walau spesifikasi teknis/KAK sudah mencakup hal ini dan walaupun spektek/KAK termasuk bagian dari kontrak PBJP, namun hal penting terkait kehadiran sebaiknya tetap ditulis di batang tubuh kontrak.

Manfaat penulisan tersebut untuk menjadi dasar perjanjian yang bila di tahap realisasi dilanggar oleh penyedia, maka PPK dapat mengirimkan surat peringatan. Memitigasi risiko kontrak dapat dilakukan dengan menuliskan lingkup kehadiran dan apa yang harus dilakukan penyedia saat kehadiran tersebut.

Bila dilanggar dan bisa diberi surat peringatan, maka pengendalian kontrak dapat lebih mudah dilakukan.

 

Demikian.

Sebelumnya Mengubah Bobot Pengakuan Prestasi Termin, bolehkah?
Selanjutnya Kesalahan atau Kesengajaan…. Tipis.

Cek Juga

img 8402

Knowledge Sharing P3DN Sektor Jasa Konstruksi By. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Barat

Selamat pagi bapak/ibu, izin menyampaikan informasi dan menjelaskan terkait undangan terlampir kegiatan Knowledge Sharing – ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: