Pengendalian Kontrak Yang Baik
Pengendalian Kontrak Yang Baik

Penyebab Kurang Optimalnya Kualitas Hasil Pengadaan dalam Masa Pelaksanaan Kontrak

Proses Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa itu “daging” utamanya, atau menu utamanya / main course ada di pelaksanaan kontrak, bukan pada proses pemilihan.

Sehingga pelaku pengadaan harusnya fokus pada proses pelaksanaan kontrak ketimbang membuang waktu di proses pemilihan penyedia.

Alih-alih menyalahkan Kelompok Kerja Pemilihan / Pejabat Pengadaan mengapa tidak dapat menghadirkan Penyedia yang bagus, lebih baik kendalikan kontraknya!

Dalam proses pengendalian kontrak, perhatikan hal-hal berikut :

  • bila terdapat kondisi yang tidak sesuai di lapangan, dan memerlukan perubahan kontrak, segera lakukan dan tuangkan dalam adendum kontrak.
  • Agar dapat segera mengadendum pekerjaan yang berubah, maka segera buat kajian untuk persetujuan perubahan tersebut dilengkapi dokumen pendukung.
  • Mari membuat dan mendokumentasikan laporan harian, laporan mingguan, dan laporan bulanan serta memperhatikan laporan tersebut secara berkala.
  • Rapat monitoring evaluasi dilakukan bukan sekedar formalitas dan sekedarnya, lakukan monev dengan pembahasan yang detil disertai data dukung.
  • Bila terdapat usulan dari penyedia, segera analisa dan buat keputusan demi keberlangsungan pekerjaan.
  • Kembangkan komunikasi yang baik sehingga bila terdapat kondisi di luar ketentuan kontrak hal tersebut dapat segera di diskusikan / negosiasi.
  • Pengembangan komunikasi yang baik harapannya menghadirkan koordinasi yang responsif sehingga menghadirkan hubungan kerja yang konstruktif.

Dalam pelaksanaan pengendalian kontrak, terkadang masih terbuka cara penyelesaian masalah dengan negosiasi. Materi terkait negosiasi dapat diunduh di : Materi Webinar MSTC 8 Mei 2023 : NEGOSIASI – Optimalisasi Pemerintahan demi Memajukan Bangsa (christiangamas.net)

Negosiasi dalam proses pelaksanaan kontrak dihadirkan untuk menghadirkan solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan jalan berunding guna mendapatkan kesepakatan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk memberikan alur pikir yang tepat dalam pengendalian kontrak.

Salam Pengadaan.

Sebelumnya Materi Webinar MSTC 8 Mei 2023 : NEGOSIASI
Selanjutnya Refocussing dan Kalibrasi Mindset Tujuan menjadi ASN

Cek Juga

mini kompetisi

Mini-Kompetisi pada Katalog Elektronik

Mini Kompetisi Katalog Memahami dan menerapkan ketentuan umum e-purchasing katalog melalui metode mini-kompetisi dllakukan terhadap ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: