pengadaan pemerintah (pbjp)
pengadaan pemerintah (pbjp)

Tips Lulus Mengikuti Ujian Kompetensi Level-1 Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk lulus dengan nilai memuaskan. Berikut adalah tips singkat yang bisa Anda terapkan:

  • Pelajari Peraturan Perundang-undangan yang Berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa pemerintah adalah sumber utama materi ujian sertifikasi. Anda harus mempelajari dan memahami isi, tujuan, dan ruang lingkup dari peraturan-peraturan ini, terutama Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan 6 Modul Level 1. Anda juga harus menguasai istilah, definisi, dan konsep-konsep yang ada dalam peraturan dan modul pelatihan ini.
  • Ikuti Diklat atau Bimbingan Teknis yang Diselenggarakan oleh LKPP atau Lembaga Lain yang Terakreditasi Diklat atau bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh LKPP atau lembaga lain yang terakreditasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Anda akan mendapatkan materi, modul, slide, dan latihan soal yang sesuai dengan kurikulum dan standar kompetensi yang ditetapkan oleh LKPP. Anda juga akan mendapatkan bimbingan dan arahan dari instruktur atau fasilitator yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya.
  • Manfaatkan Sumber Belajar Lain yang Tersedia di Internet Selain mengikuti diklat atau bimbingan teknis, Anda juga bisa memanfaatkan sumber belajar lain yang tersedia di internet, seperti website, blog, video, podcast, e-book, atau aplikasi yang membahas tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.
  • Buat Rangkuman atau Catatan dari Materi yang Anda Pelajari Membuat rangkuman atau catatan dari materi yang Anda pelajari adalah salah satu cara untuk memperkuat pemahaman dan mengingat informasi yang penting. Anda bisa membuat rangkuman atau catatan dengan menggunakan media yang Anda sukai, seperti kertas, buku, komputer, atau ponsel. Anda bisa menggunakan metode yang Anda anggap efektif, seperti mind map, outline, tabel, diagram, atau flashcard. Anda juga bisa menggunakan warna, simbol, gambar, atau singkatan untuk memudahkan Anda mengenali dan mengingat materi yang Anda pelajari.
  • Latih Kemampuan Anda dengan Mengerjakan Soal-soal Latihan Mengerjakan soal-soal latihan adalah salah satu cara untuk menguji kemampuan Anda dalam menerapkan materi yang Anda pelajari. Anda bisa mendapatkan soal-soal latihan dari berbagai sumber, seperti modul, slide, website, blog, video, atau aplikasi yang menyediakan soal-soal pengadaan barang/jasa pemerintah. Anda bisa mengerjakan soal-soal latihan secara mandiri atau bersama teman, kelompok, atau komunitas yang memiliki minat yang sama.
  • Evaluasi Hasil Pengerjaan Soal-soal Latihan Evaluasi hasil pengerjaan soal-soal latihan adalah salah satu cara untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda dalam menguasai materi pengadaan barang/jasa pemerintah. Anda bisa mengevaluasi hasil pengerjaan soal-soal latihan dengan membandingkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang disediakan oleh sumber soal, atau dengan meminta bantuan teman, kelompok, komunitas, atau instruktur yang lebih berpengalaman.
  • Perbaiki dan Tingkatkan Kemampuan Anda dengan Mempelajari Kembali Materi yang Belum Dikuasai Perbaiki dan tingkatkan kemampuan Anda dengan mempelajari kembali materi yang belum dikuasai adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesiapan Anda dalam menghadapi ujian sertifikasi. Anda bisa mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan menggunakan sumber belajar yang sama atau yang berbeda dengan yang sebelumnya. Anda juga bisa mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan menggunakan metode belajar yang sama atau yang berbeda dengan yang sebelumnya. Anda juga bisa mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan mengajukan pertanyaan atau diskusi dengan teman, kelompok, komunitas, atau instruktur yang lebih berpengalaman.
  • Persiapkan Diri Anda Secara Fisik dan Mental Sebelum Mengikuti Ujian Sertifikasi Persiapan fisik dan mental adalah hal yang penting untuk menghadapi ujian sertifikasi.
  • Lakukan Strategi yang Tepat Saat Mengikuti Ujian Sertifikasi Strategi yang tepat saat mengikuti ujian sertifikasi .
  • Baca dengan teliti instruksi dan soal-soal ujian. Pastikan Anda memahami apa yang diminta dan bagaimana cara menjawabnya.
  • Manfaatkan waktu yang tersedia dengan baik. Jangan terlalu lama atau terlalu cepat dalam menjawab soal-soal.
  • Perhatikan alokasi waktu untuk setiap bagian ujian dan sesuaikan dengan kemampuan Anda.
  • Jawab soal-soal yang Anda yakin terlebih dahulu. Jika Anda ragu atau tidak tahu jawaban dari suatu soal, abaikan dulu dan lanjutkan ke soal berikutnya. Jangan membuang-buang waktu untuk menebak-nebak jawaban yang tidak Anda yakin.
  • Gunakan metode eliminasi untuk menyingkirkan pilihan jawaban yang salah. Jika Anda tidak yakin dengan jawaban dari suatu soal, coba lihat pilihan jawaban yang ada dan eliminasi yang paling tidak mungkin atau bertentangan dengan materi yang Anda pelajari.
  • Periksa kembali jawaban Anda sebelum menyerahkan. Jika Anda masih memiliki waktu, periksa kembali jawaban Anda dan pastikan tidak ada kesalahan atau kekeliruan. Jika Anda menemukan jawaban yang salah atau kurang tepat, perbaiki dengan hati-hati.

 

Sebelumnya Pasal 6 Perpres PBJP: Prinsip-Prinsip Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
Selanjutnya Sanksi Bagi Pelaku Usaha/Penyedia pada PBJP

Cek Juga

Berlakunya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Saat ini sudah terdapat Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 8 Tahun 2023 ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: