img 6430
img 6430

Perbedaan Penyusunan Harga Perkiraan Penganggaran dan Harga Perkiraan Sendiri

Keduanya sama-sama Harga Perkiraan, namun fungsinya beda. Penyusunan Harga Perkiraan untuk Anggaran akan menjadi Standar yang digunakan dintahap Perencanaan Pengadaan yang dilaksanakan bersamaan dengan Perencanaan Anggaran, sedangkan Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri digunakan pada saat persiapan pengadaan.

Metode pengumpulan informasinya bisa sama, namun pengolahan datanya berbeda, standar untuk perencanaan biasanya memiliki kurun waktu penggunaan dalam setahun, sedangkan dalam HPS diperlukan presisi mengingat yang ingin di capture adalah harga pasar dalam kurun waktu kurang lebih 28 hari.

Karena tujuannya berbeda maka Standar walaupun di update bulanan ya tidak dapat digunakan sebagai dasar penyusunan HPS, dikarenakan Standar merupakan batas tertinggi yang memperhitungkan kondisi makro sehingga belum menangkap kondisi pasar secara detil mengingat tujuannya adalah kecukupan anggaran.

HPS sifatnya adalah harga pasar yang memperhitungkan kondisi pasar secara mikro, artinya memperhitungkan kondisi persaingan usaha dan bertujuan sebagai alat penilai kewajaran harga…..

yang satu untuk kewajaran harga di pasar, yang satu untuk kewajaran penganggaran, bila Standar yang berfungsi untuk kecukupan dan kewajaran penganggaran digunakan untuk menilai kewajaran harga pasar saat digunakan sebagai HPS maka bisa jadi HPS yang disusun dengan merujuk standar akan berakibat kurang efektif sebagai alat penilai kewajaran harga.

Inilah yang disebut dengan serupa tapi tak sama.

 

Demikian.

Sebelumnya Pengadaan Barang/Jasa yang gemoy
Selanjutnya Harga Terbaik dalam Pengadaan ATK melalui E-Katalog

Cek Juga

img 6830

Karakteristik Kontrak tidak dapat dipaksakan

Jangan tergoda dengan uraian bahwa Jenis Kontrak Lumsum itu seluruh risiko di tanggung oleh penyedia. ...

Punya pendapat terkait artikel ini? mohon berkenan berdiskusi, terima kasih

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Open chat
1
Hubungi saya
Halo, apa yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: