Optimalisasi Pemerintahan demi Memajukan Bangsa

Penunjukan Langsung sebagai Tindak Lanjut Pemutusan Kontrak

penunjukan langsung

penunjukan langsung

Berkaitan dengan Pemutusan Kontrrak, salah satu kriteria Penunjukan Langsung untuk Pengadaan Barang/Jasa Lainnya/Pekerjaan Konstruksi huruf i ayat (5) Pasal 38 Pepres 16/2018 jo. Perpres 12/2021 :

pemilihan penyedia untuk melanjutkan pengadaan
Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya dalam hal
terjadi pemutusan Kontrak

salah satu kriteria Penunjukan Langsung untuk Jasa Lainnya huruf f ayat (5) Pasal 41 Pepres 16/2018 jo. Perpres 12/2021 :

pemilihan penyedia untuk melanjutkan Jasa Konsultansi
dalam hal terjadi pemutusan Kontrak;

Dengan demikian ketika terjadi Pemutusan Kontrak untuk sebuah Pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa, maka tindak lanjutnya dapat dilakukan dengan metode Pemilihan “PENUNJUKAN LNGSUNG”, hal ini sebenarnya bukan merupakan praktek baru, namun baru pada Perpres 12/2021 baru dituangkan dalam salah satu kriteria PENUNJUKAN LANGSUNG. Ketika terjadi pemutusan kontrak, pekerjaan sudah pasti kurang dari 100% atau memiliki sisa, bila ada sisa maka akan ada pekerjaan yang belum selesai dan untuk asas manfaat maka perlu diselesaikan agar Barang/Jasa dapat digunakan dengan optimal.

Ketika terjadi Penunjukan Langsung maka boleh menunjuk Pemenang Cadangan, dapat dilakukan proses Penunjukan Langsung dengan tahapan:

Dalam hal dilakukan Penunjukan Langsung, baik untuk pemenang cadangan atau Pelaku Usaha yang memang dianggap mampu, maka bisa saja harga bisa turun,tetap, atau naik, intinya harga bisa berbeda karena situasi dan ruang lingkupnya berbeda.

Demikian.

 

 

Exit mobile version