Optimalisasi Pemerintahan demi Memajukan Bangsa

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020, di tengah Pandemik ini dunia pendidikan ‘dipaksa’ bertransformasi secara mendadak, semoga tidak menyurutkan semangat kita semua untuk terus belajar, termasuk saya juga…. Saya mengajar dari tempat tinggal, saya menerima konsutasi dari rumah dan sesekali bertemu untuk bimbingan tugas akhir, dan memang sudah dua tahun ini belajar jarak jauh. Disisi lain aktifitas pekerjaan berkaitan dengan pekerjaan utama juga dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi, dengan berbagai hambatan yang gampang-gampang susah dihadapi.

Dalam pendidikan karakter Trikon adalah salah satu rujukan pendidikan karakter yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantaran yaitu kontinuitas atau keberlanjutan/kontinuitas, Konsentris, dan Konvergensi atau kesatuan umat sedunia, tulisan pada TAUTAN ini saya buat dan ngendap pribadi di komputer saya selama dua tahun lalu, bertujuan untuk menjawab pertanyaan saya pada tahun 2003 di masa-masa awal kuliah, menjawab pertanyaan bocah bernama Christian Gamas yang masih beranggapan bahwa calon Sarjana Teknik ngga perlu belajar Mata Kuliah Dasar Umum 😀

Sekian belas tahun kemudian pemikiran saya berubah dan saya menyadari pendidikan karakter yang termanifestasi dalam mata kuliah dasar umum itu sama pentingnya dibandingkan dengan mata kuliah spesialisasi, karakter kuat dan terdidik akan menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk menanjak menjadi bangsa besar. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020!

Exit mobile version