Optimalisasi Pemerintahan demi Memajukan Bangsa

mensubstitusi jenis pengadaan untuk mendapatkan hasil yang sama

perencanaan pengadaan

perencanaan pengadaan

dalam kondisi tertentu tidak selalu melakukan pengadaan harus menghasilkan Barang berupa aset,  dengan demikian keberadaan jenis pengadaan jasa lainnya menjadi sesuatu yang dapat menjadi solusi.

Contoh pengadaan gedung Pemerintah dengan pekerjaan konstruksi belum tentu perlu dilakukan, saat ini birokrasi pemerintahan melakukan perampingan dengan kondisi keberadaan gedung menjadi hal yang belum tentu diprioritaskan khususnya untuk proses pekerjaan yang tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka solusinya? Pekerjaan Jasa Lainnya untuk sewa kantor dan dikombinasikan dengan Pengadaan Jasa Lainnya untuk lisensi layanan Online Meeting, pada prinsipnya disini terjadi yang dihadirkan adalah fungsi dan bukan produk berupa gedung.

Demikian juga dengan kendaraan dinas, saat ini lebih logis melakukan sewa ketimbang membeli produk, selain membebaskan biaya perawatan, ada banyak kemudahan lainnya, lagi-lagi yang dihadirkan pada paket Jasa Lainnya sewa kendaraan adalah bukan produknya, tapi fungsi.

Disisi lain ada produk yang lebih diperlukan masyarakat luas, seperti infrastruktur jalanan yang mulus, sarana pendidikan berkualitas, dan lain-lain. yang saat ini belum tergantikan, bila diperlukan pencapaian aspek value for money maka harusnya kebutuhan ini yang perlu diprioritaskan.

Oleh karena itu identifikasi kebutuhan menjadi hal yang perlu diperhatikan, fungsi dapat menggantikan produk, sehingga beberapa komoditas produk dapat digantikan dengan fungsi dan upaya memilikinya akan cenderung bersifat keinginan dan bukanlah kebutuhan.

Mari lakukan identifikasi kebutuhan!

Salam Pengadaan

Salam Kredibel

 

Christian Gamas | Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda.

Exit mobile version