Optimalisasi Pengadaan demi Memajukan Bangsa

Manfaat Register Kontrak

Register Kontrakadalah

sebuah sarana untuk mencatat kontrak-kontrak yang berfungsi sebagai rujukan utama untuk melakukan pemantauan perkembangan dan apa yang telah dibelanjakan.

Manfaat

Sebuah register kontrak selain mencatat apa saja kontrak yang telah di-tetapkan bersama penyedia, digunakan untuk pemantauan perkembangan, dan apa saja yang sudah dibelanjakan, juga berfungsi bagi organisasi untuk mengidentifikasi peluang.

Peluang

Apa saja yang di identifikasi sebagai peluang dalam register kontrak? Focal Point nya adalah pada Pelaku Usaha yang pernah menjadi penyedia.

Pelaku Usaha yang pernah menjadi penyedia yang perlu dilakukan perlakuan yang berbeda berdasarkan karakteristik jenis pengadaan, dalam hal ini berpengaruh pada hubungan jangka pendek, kangka menengah, ataupun jangka panjang, dalam hal ini masing-masing jangka tersebut dapat digunakan sebagai Daftar Penyedia Potensial.

Pemanfaatan Daftar Penyedia Potensial

Kesimpulan

Register Kontrak memiliki banyak manfaat dalam hal rekam jejak untuk digunakan pada kontrak-kontrak berikutnya dan mempermudah analisis pasar, termasuk juga dari aspek strategis pada daftar penyedia potensial yang dalam hal paket pengadaan nilai tinggi dan barang/jasa krusial dengan tujuan mengurangi biaya dan meningkatkan performa organisasi maupun pelaku usaha.

Demikian yang dapat disampaikan, tetap semangat, tetap sehat, dan salam pengadaan!

 

Exit mobile version