Optimalisasi Pemerintahan demi Memajukan Bangsa

Lulus sertifikasi PBJ Tk. Dasar????

Sertifikasi Pbj Tingkat Dasar Kutai Barat (dok2)

Sertifikasi Pbj Tingkat Dasar Kutai Barat (dok2)

Awal tahun, Pengembangan Kompetensi di dorong luar biasa dalam K/L/Pemda, termasuk PBJ Tingkat Dasar. Beberapa artikel saya berkaitan kelulusan PBJP tk. Dasar adalah bagaimana cara lulusnya? Saya gak mungkin memberikan tips yang bisa digunakan setiap orang, karena tiap orang berbeda-beda.

Ada beberapa tips dan artikel berkaitan dengan kelulusan PBJP Tk. Dasar :

Pada artikel ini memahami saja mungkin tidak cukup bagi yang baru mau mencoba, saya menyarankan lebih baik hafal seluruh Perpres 16/2018 dulu, lalu pada saat pelatihan berdiskusi banyak hal dengan Fasilitator LKPP yang mengisi kegiatan tersebut.

Di awal sebagai pemula lebih baik tekstual  namun senantiasa mengasah pemahaman hingga bisa kontekstual. Jangan langsung loncat ke tekstual kalau anda belum paham tekstual. Sebab jangankan kontekstual, melakukan aturan secara tekstual itu udah bisa dibilang bagus…

Masalahnya…. kita lebih banyak gagal paham tekstual, segala sesuatu itu dilakukan berdasarkan kebiasaan, karena kebiasaan belum tentu baik, maka keniscayaan menuju ketidakteraturan terwujud dengan sukses.

Kontekstual tanpa paham tekstual, bisa baik, bisa amburadul…. saya tidak bilang saya yang paling bisa, saya cuma bilang kebiasaan saya adalah saya saat belajar, diberi 1 buku, saya baca lebih dari 3 buku….

Hal sepele ini jadi kebiasaan, sejak kecil tiap beli barang apapun, termasuk yang saya familiar sekalipun, manual book nya pasti saya baca. Apalagi dulu era 4WD Tamiya…. mutlak harus baca!!!

Petunjuk Atau Manual Merakit Tamiya

Pertanyaan saya, kalau beli sesuatu, apakah anda langsung pakai, atau baca dulu aturan pemakaiannya? Termasuk kartu garansi?

Kalau enggak, ya wajar dong saya suka berkesimpulan membenarkan daya literasi bangsa kita memang rendah, dan tekstual saja gagal? 🤣

Bukan ngejek dan tidak nasionalis, kadang hal sepele yang saya bisa, saya perbuat, tulis, minati, dan saya anggap penting itu terlihat baik-baik saja bukan karena saya lebih bisa, saya cuma melakukan apa yang tidak dilakukan kebanyakan orang di negara ini.

Itu aja…. mungkin itu yang menyebabkan saya bisa lulus, jadi bisa dibilang tips paling ampuh untuk lulus adalah hafal dulu Perpres 16/2018 Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, kontekstual dalam menjawab soal kemungkinan besar sudah tercover dan peluang lulus lebih besar.

Exit mobile version