Optimalisasi Pengadaan demi Memajukan Bangsa

Bagaimana Pelaku Usaha/Penyedia memandang Pelaku Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah?

Pengantar

Dalam artikel sebelumnya berkaitan dengan Kraljic Matriks yang dapat dibaca pada tautan-tautan berikut ini :

Perlu dibahas lebih lanjut berkaitan dengan perspektif pelaku Usaha/Pemasok/Penyedia memandang Pelaku Pengadaan dari sisi Pemerintah, hal ini semoga dapat memberikan bagaimana tindakan kita satu-sama lain berpengaruh pada ekosistim Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Keseluruhan.

Bagaimana Pelaku Usaha/Pemasok/Penyedia memandang Saya?

Hal ini adalah pertanyaan yang perlu diperhatikan karena dalam berkontrak, terdapat kesetaraan tindakan, Pemerintah dalam berkontrak “dilucuti” sebagian kewenangannya dalam Tugas dan Kewenangan untuk memisahkan bahwa sebagai Penandatangan Kontrak maka perannya adalah Pelaku Pengadaan sehingga tidak sewenang-wenang dan ada kesetaraan antar kedua belah pihak, kesewenangan ini dapat dibaca di artikel saya “Penyalahgunaan Kewenangan alias detourne-ment de pouvoir“, dalam berkontrak kedua belah pihak setara.

Dalam kesetaraan itu tentunya Pemerintah memandang Penyedia sebagaimana Kraljic Matrix dan terdapat harapan dari Penyedia/Pemasok/Pelaku Usaha, namun Pasar yang diisi oleh Pemasok/Pelaku Usaha bisa saja memiliki sudut pandang berbeda ketika memilih berurusan dalam kontrak Pemerintah. Umumnya (walau tidak begitu semuanya) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dipersepsikan sebagai berikut :

Perlu kira perhatikan bahwa dalam pasar terdapat matriks sebagai berikut :

Matriks Persepsi Penyedia

Dalam hal ini secara praktis Pasar juga bisa menilai Pemerintah! Berikut gambaran dari penilaian Pasar terhadap Pemerintah :

Dengan demikian untuk menghasilkan solusi dan meminimalisir kemungkinan penjual / vendor / pemasok/ pelaku usaha/penyedia yang baik, secara bersama ekosistim pengadaan di Pemerintah harus dikurangi noise dan gangguannya dengan peningkatan kompetensi dan penguatan kematangan kelembagaan sebagai salah satu upaya.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat, tetap semangat, tetap sehat, tetap berintegritas, dan salam pengadaan!

 

Exit mobile version