Optimalisasi Pemerintahan demi Memajukan Bangsa

Value for Money dan Aspek-Aspekmya

Garis Besar Perencanaan Pengadaan

Garis Besar Perencanaan Pengadaan

Berkali-kali dalam blog ini saya mengutip Aspek “Tepat” yang menjadi empasis dari value for money Perpres 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dapat anda baca di artikel sebagai berikut :

Aspek Value for Money adalah :

Aspek Value For Money ini bukan cuma tulisan dalam Pasal 4 huruf a Perpres 16/2018 yang berbunyi :

menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi, dan Penyedia;

Pendalaman atas tiap aspek tersebut menggunakan penghubung “dan”, semua aspek harus di optimalkan. Jadi? jangan terlalu banyak keinginan dalam proses Pengadaan, lakukan identifikasi kebutuhan dengan baik dalam penganggaran!

Ingat berdasarkan Pasal 18 ayat (1) Perpres 16/2018 Perencanaan Pengadaan perlu Identifikasi Kebutuhan, Penetapan barang/Jasa, Cara Pengadaan Barang/Jasa, Jadwal, barulah ngurus anggaran.

Maka dari itu berdasarkan Pasal 5 huruf a, Kebijakan Pengadaan berbunyi :

meningkatkan kualitas perencanaan Pengadaan Barang/Jasa;

Perencanaan Pengadaan perlu dilaksanakan dengan kualitas yang semakin membaik, jangan terlalu banyak keinginan, tapi pikirkan Kebutuhan! maka dari itu definisi Pengadaan Barang/Jasa dalam Pasal 1 angka 1 berbunyi :

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang selanjutnya disebut Pengadaan Barang/Jasa adalah kegiatan Pengadaan Barang/Jasa oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan.

Sudah saatnya proses Pengadaan Barang/Jasa lebih memprioritaskan kebutuhan, kenali (identifikasi) kebutuhan K/L/PD!!!!! bukan ngikutin keinginan, ingat dalam proses perencanaan melakukan keseimbangan garis besar/tahapan dan kecukupan anggarannya membutuhkan konsumsi dan kemewahan dari sisi waktu yang kadang melahirkan masalah antar pihak-pihak terkait.

Jadi…… bila memang tidak mungkin membahas tuntas proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah hanya dalam satu postingan atau satu kali webinar, ada banyak hal yang menjadi tantangan. Tapi kita harus tetap semangat, tetap sehat, tetap berintegritas, dan Salam Pengadaan!

 

 

 

Exit mobile version